Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 18 Mei 2017

Tag:

Rangkaian Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sederhana

Rangkaian Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sederhana

Rangkaian Pembangkit Listrik Tenaga Surya Sederhana – Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya solar sel atau alat pembangkit listrik tenaga matahari. Ya, biasanya alat tersebut dipasang pada lampu jalan. Solar sel merupakan alat yang sangat bermanfaat karena mampu menghasilkan energi listrik dari sinar matahari.
Sebagian orang menganggap bahwa membuat solar sel adalah hal yang sulit. Padahal sebenarnya tidak. Bagi anda para pemula yang hobi elektronika pasti bisa membuat pembangkit listri tenaga surya sendiri di rumah dengan komponen-komponen elektronika sederhana yang bisa didapat di toko-toko komponen.

Cara Membuat Solar Sel Sederhana

Prinsip kerja dari solar sel sangatlah sederhana. Energi dari sinar matahari ditampung kemudian dikonversi menjadi energi listrik. Energi tersebut nantinya dapat digunakan untuk menjalankan berbagai macam alat elektronik mulai dari menyalakan lampu, menggerakkan motor, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Adapun komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah solar sel sederhana tidaklah banyak. Semua komponen tersebut dijual di toko komponen elektronika dengan harga yang cukup terjangkau. Mungkin salah satu komponen yang memiliki harga paling mahal adalah panel surya itu sendiri. Berikut daftar komponen rangkaian pembangkit listrik tenaga matahari sederhana.
  • Panel surya 8 cell 0,5 volt 200 mA
  • Kapasitor 100 uF
  • Kapasitor 10 uF
  • Transistor TIP 31
  • Resistor 1K
  • Dioda BY 207 / Dioda 5 ampere
  • Accumulator / aki motor
  • Kawat email 0,25 mm sebanyak 3 meter
  • Batang ferite
Berikut adalah skema rangkaian pembangkit listrik tenaga surya / solar sell sederhana yang bisa anda jadikan referensi dalam membuat sebuah solar sell sederhana. Bagi anda yang ingin tahu informasi lengkapnya, bisa langsung lihat gambar dari belajarelektronika.net berikut ini.


Cara kerja dari rangkaian ini mula-mula sinar matahari diterima oleh panel surya kemudian diolah menjadi energi listrik. Akan tetapi energi tersebut masih sangat kecil, hanya 4 volt 200 mA. Selanjutnya energi tersebut dikuatkan oleh rangkaian sehingga menghasilkan energi yang lebih besar.
Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian pembangkit listrik tenaga matahari sederhana. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi kita semua, khususnya bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa di ulasan menarik lain dan bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

About Unknown

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.