Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 18 Mei 2017

Tag:

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Kompresor

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Kompresor

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Kompresor – Pastinya sebagian dari anda sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama kompresor. Ya, alat ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbicara soal kompresor pasti sangat erat kaitannya dengan angin dan tekanan udara.
Ya, tak heran memang karena kompresor sendiri adalah suatu alat yang digunakan untuk meningkatkan tekanan fluida mampu mampat, yakni gas atau udara. Tujuannya adalah untuk mengalirkan kebutuhan proses dalam suatu sistem proses yang lebih besar. Secara umum, kompresor terbagi atas dua macam yakni kompresor dinamik dan perpindahan positif.
Untuk memperdalam pemahaman anda mengenai kompresor, pada kesempatan kali ini Belajar Elektronika  akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai apa itu kompresor, fungsi kompresor, dan cara kerjanya. Bagi anda yang penasaran silahkan simak baik-baik ulasan yang satu ini.

Pengertian Kompresor

Sebelumnya banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa itu kompresor? Secara definisi kompresor adalah alat mekanik yang digunakan untuk memampatkan gas atau udara sehingga memiliki tekanan yang lebih tinggi. Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa komprosesor terdiri dari dua macam yakni kompresor dinamik dan perpindahan positif.
Komprosesor dinamik terdiri dari kompresor sentrifugal dan axial. Sedangkan kompresor perpindahan positif terdiri dari kompresor piston dan kompresor putar. Biasanya kompresor digunakan untuk mempertahankan kevakuman sebuah ruang dengan cara menghisap secara terus menerus udara di ruang tertutup.

Fungsi Kompresor

Setelah tahu apa itu kompresor, pastinya anda bertanya-tanya sebenarnya apa fungsi dari alat ini? Dalam dunia elektronika dan kelistrikan, kompresor sangat bermanfaat dan digunakan dalam berbagai hal, salah satunya adalah untuk penggerak utama kontrol peneumatic. Selain itu kompresor juga dapat digunakan untu berbagai hal seperti berikut.
  • Blow Gun : membersihkan debu dan kotoran di tempat yang sulit dijangkau
  • Nail Gun : memasang paku di dinding
  • Air Stapler : menempelkan wallpaper di dinding rumah
  • Air Sander : meratakan permukaan bidang yang datar
  • Spray Gun : mempermudah kegiatan mengecat
  • Sandblaster : membersihkan permukaan benda sebelum dicat
  • Air Ratchet Wrech : mengencangkan baut dengan cepat
  • Air Drill : membuat lubang pada permukaan (pengeboran)
Baca juga : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Inverter

Cara Kerja Kompresor

Secara sederhana, prinsip atau cara kerja kompresor sama seperti pompa ban sepeda. Jika piston kompresor ditarik ke atas, maka tekanan silinder yang ada di bagian bawah akan menurun sampai berada di bawah tekanan atmosfer. Hal tersebut membuat udara luar akan masuk melalui celah katup hisap.
Selanjutnya udara masuk ke dalam pompa kemudian piston turun menuju ke bawah untuk memampatkan udara tersebut. Udara dimampatkan sehingga volumenya menjadi lebih kecil, atau udara tersebut mengalir menuju ke tempat yang memiliki tekanan udara yang lebih rendah. Untuk info lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar berikut.

Demikian informasi singkat mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja kompresor. Semoga informasi yang kami sampaikan kali ini dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi bagi kita semua, khususnya pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa bagikan artikel ini melalui tombol sosial media di bawah ini.

About Unknown

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.