MENGENAL SEDIKIT PELAJARAN X TEKNIK AUDIO VIDEO (TAV)
Hai... udah lama gak nge blog >.<
Langsung mulai ya~
Kali ini aku bakalan nge share sedikit tentang pelajaran TEKNIK AUDIO VIDEO yang aku dapat waktu kelas X.
Langsung mulai ya~
1. ELDAS(ELEKTRONIKA DASAR) & TEKLIS(TEKNIK LISTRIK)
Pelarajan eldas dan teklis ini saling berkaitan, diawal pelajaran
eldas akan dikenalkan dengan beberapa komponen elektronika yang umum
dipakai , komponen tersebut memiliki bentuk fisik yang berbeda2, supaya
mudah meingatnya biasanya guru pengajar akan menyebutkan ciri yang
spesial pada bentuk fisik dari komponen tersebut.
Komponen elektronika ternyata terbagi 2 yaitu pasif dan aktif(berbahan semi konduktor) , yang dipelajari adalah fungsi umum dari setiap komponen, ciri2 komponen, cara membaca nilai pada komponen, kondisi fisik , prinsip kerjanya dll , di eldas biasanya diajarkan komponen aktif sedangkan di teklis komponen pasif.
Komponen elektronika ternyata terbagi 2 yaitu pasif dan aktif(berbahan semi konduktor) , yang dipelajari adalah fungsi umum dari setiap komponen, ciri2 komponen, cara membaca nilai pada komponen, kondisi fisik , prinsip kerjanya dll , di eldas biasanya diajarkan komponen aktif sedangkan di teklis komponen pasif.
Pelaran teklis adalah beberapa hitungan2nya pelajaran eldas tapi dipelajaran eldas pun ada menghitung(?)
Misalkan ketika komponen tersebut dijadikan sebuah rangkaian, ada hitungannya loh >.<
Sumber dari hitungan tersebut dari Hukum OHM, Hukum Kirchoff 1 , Hukum Kirchoff 2.
Dan yang paling ditekankan adalah Konversi Satuan *o*
2. SIMDIG ( SIMULASI DIGITAL )
Pelajaran simulasi digital ini sangat identik dengan sesuatu yang digital, diawal pelajaran biasanya dikenalkan dengan fitur2 pelengkap simulasi digital, misalkan mempresentasikan sesuatu dengan bentuk digital seperti video, lalu akan belajar membuat tulisan/buku simpel dari word ke pdf dan dari word ke epub(electronic publication) lalu setelah itul diajarkan yang namanya 3 dimensi,aplikasi 3 dimensi ada berbagai macam tapi yang sering dipakai dikalangan edukasi adalah "Blender" , di blender kalian akan diajarkan membuat beberapa benda.
3. TEKPROG ( TEKNIK PROGRAM )
Pelajaran Teknik Program adalah pelajaran pertama yang sangat berkesan saat saya masuk jurusan ini, pelajaran ini identik dengan "Kode" untuk membentuk sebuah "Program".
Pelajaran awal adalah "Algoritma" , algoritma adalah langkah-langkah logis yang ditulis secara sistematis, tulisan tentang langkah-langkah menggunakan/menjalankan sesuatu pokoknya langkah-langkahnya itu harus logis + singkat, lalu ada pelajaran "Flowchart" flowchart ini adalah sebuah algoritma tetapi menggunakan tambahan bantuan gambar dari flowchart itu sendiri, nah setelah logikanya udah lumayan langsung deh masuk ke palarajaran koding menggunakan aplikasi penunjang visual basic.
4. TEKMIK ( TEKNIK MIKROPROSESOR)
Pelarajaran Teknik Mikroprosesor ini dari namanya aja kaya ribet ya <(") #eh
Pada pembelajaran pertama akan belajar mengkonversi angka berupa angka biner,decimal,octal, & hexadecimal , Setelah itu belajar tentang "GERBANG LOGIKA" , gerbang logika ini merupakan logika dari sebuah komponen elektronika , gerbang logika ini akan membahas tentang Input(masukan) serta output(keluaran) , setelah itu akan belajar tentang seven segment , lalu akan masuk ke karnaugh map yang berfungsi untuk menyederhanakan gabungan-gabungan dari beberapa gerbang logika , lalu akan berlanjut mempelajari tentang CPU(central processing unit)
5.GABTEK ( GAMBAR TEKNIK )
Pelajaran Gambar Teknik ini akan belajar menggambar sesuatu yang diajarkan dari pelajaran lainnya, misalkan menggambar simbol komponen elektronika, skema elektronika dan pastinya dipelajaran gambar teknik ini akan belajar menggambar layout di buku milimeter blok, apa itu layout? layout adalah jalur yang dibuat untuk membuat skema menjadi sesuatu yang kita inginkan , lalu agar lebih mudah mengenalnya ditambah lagi dengan tata letak komponen.
Contoh :
Pelajaran Teknik Bengkel pelajaran yang paling menguras keringat >.<
Diawal pelajaran akan dikenalkan dengan alat-alat penunjang seperti ragum,kikir,bor dll
Lalu akan diberitahu bagaimana cara penggunaan serta keselamatan pengguna , keselamatan pengguna meliputi keadaan alat yang dipakai serta perlengkapan yang kita pakai untuk melindungi diri , setelah itu akan belajar menggunakan solder, bentuk timah yang baik, keadaan solder yang layak pakai , bagaimana cara merawat solder dll.
Setelah sudah bisa menyolder, guru pengajar akan memberikan tugas berupa membuat sebuah rangkaian di papan PCB , Sebelum membuat rangkaian tersebut skema harus dipastikan bekerja sebagaimana mestinya(menggunakan aplikasi,misal: Circuit Wizard ) , lalu pastikan komponen pada skema tersebut terjual dipasaran setelah semuanya sudah dipertimbangkan lalu mulailah membuat layout di papan PCB (seperti pada pelajaran GABTEK) biasanya menggunakan spidol OPF/OPM atau bisa menggunakan cetakan.
Setelah itu diferit , di bor dan pasang komponenya.
Contoh Layout di papan PCB setelah di ferit :
Jadi anak elektronika itu unik, kreativitas akan semakin meningkat.
gak kebayang kan jadi anak elektronika?
~nama komponen aja diinget apalagi nama si doi.
~ciri-ciri fisik komponen aja ingat apalagi ciri-ciri si doi.
~nge-gambar simbol yang ratusan aja dianggap gampang apalagi nge-gambar masa depan bersama kamu >.<
~ asap solder yang bau aja di deketin, apalagi kamu.... #eh hhhhh
Terimakasih, See you next time~
2. SIMDIG ( SIMULASI DIGITAL )
Pelajaran simulasi digital ini sangat identik dengan sesuatu yang digital, diawal pelajaran biasanya dikenalkan dengan fitur2 pelengkap simulasi digital, misalkan mempresentasikan sesuatu dengan bentuk digital seperti video, lalu akan belajar membuat tulisan/buku simpel dari word ke pdf dan dari word ke epub(electronic publication) lalu setelah itul diajarkan yang namanya 3 dimensi,aplikasi 3 dimensi ada berbagai macam tapi yang sering dipakai dikalangan edukasi adalah "Blender" , di blender kalian akan diajarkan membuat beberapa benda.
3. TEKPROG ( TEKNIK PROGRAM )
Pelajaran Teknik Program adalah pelajaran pertama yang sangat berkesan saat saya masuk jurusan ini, pelajaran ini identik dengan "Kode" untuk membentuk sebuah "Program".
Pelajaran awal adalah "Algoritma" , algoritma adalah langkah-langkah logis yang ditulis secara sistematis, tulisan tentang langkah-langkah menggunakan/menjalankan sesuatu pokoknya langkah-langkahnya itu harus logis + singkat, lalu ada pelajaran "Flowchart" flowchart ini adalah sebuah algoritma tetapi menggunakan tambahan bantuan gambar dari flowchart itu sendiri, nah setelah logikanya udah lumayan langsung deh masuk ke palarajaran koding menggunakan aplikasi penunjang visual basic.
4. TEKMIK ( TEKNIK MIKROPROSESOR)
Pelarajaran Teknik Mikroprosesor ini dari namanya aja kaya ribet ya <(") #eh
Pada pembelajaran pertama akan belajar mengkonversi angka berupa angka biner,decimal,octal, & hexadecimal , Setelah itu belajar tentang "GERBANG LOGIKA" , gerbang logika ini merupakan logika dari sebuah komponen elektronika , gerbang logika ini akan membahas tentang Input(masukan) serta output(keluaran) , setelah itu akan belajar tentang seven segment , lalu akan masuk ke karnaugh map yang berfungsi untuk menyederhanakan gabungan-gabungan dari beberapa gerbang logika , lalu akan berlanjut mempelajari tentang CPU(central processing unit)
5.GABTEK ( GAMBAR TEKNIK )
Pelajaran Gambar Teknik ini akan belajar menggambar sesuatu yang diajarkan dari pelajaran lainnya, misalkan menggambar simbol komponen elektronika, skema elektronika dan pastinya dipelajaran gambar teknik ini akan belajar menggambar layout di buku milimeter blok, apa itu layout? layout adalah jalur yang dibuat untuk membuat skema menjadi sesuatu yang kita inginkan , lalu agar lebih mudah mengenalnya ditambah lagi dengan tata letak komponen.
Contoh :
6.TEKBENG ( TEKNIK BENGKEL )
Pelajaran Teknik Bengkel pelajaran yang paling menguras keringat >.<
Diawal pelajaran akan dikenalkan dengan alat-alat penunjang seperti ragum,kikir,bor dll
Lalu akan diberitahu bagaimana cara penggunaan serta keselamatan pengguna , keselamatan pengguna meliputi keadaan alat yang dipakai serta perlengkapan yang kita pakai untuk melindungi diri , setelah itu akan belajar menggunakan solder, bentuk timah yang baik, keadaan solder yang layak pakai , bagaimana cara merawat solder dll.
Setelah sudah bisa menyolder, guru pengajar akan memberikan tugas berupa membuat sebuah rangkaian di papan PCB , Sebelum membuat rangkaian tersebut skema harus dipastikan bekerja sebagaimana mestinya(menggunakan aplikasi,misal: Circuit Wizard ) , lalu pastikan komponen pada skema tersebut terjual dipasaran setelah semuanya sudah dipertimbangkan lalu mulailah membuat layout di papan PCB (seperti pada pelajaran GABTEK) biasanya menggunakan spidol OPF/OPM atau bisa menggunakan cetakan.
Setelah itu diferit , di bor dan pasang komponenya.
Contoh Layout di papan PCB setelah di ferit :
Jadi anak elektronika itu unik, kreativitas akan semakin meningkat.
gak kebayang kan jadi anak elektronika?
~nama komponen aja diinget apalagi nama si doi.
~ciri-ciri fisik komponen aja ingat apalagi ciri-ciri si doi.
~nge-gambar simbol yang ratusan aja dianggap gampang apalagi nge-gambar masa depan bersama kamu >.<
~ asap solder yang bau aja di deketin, apalagi kamu.... #eh hhhhh
Terimakasih, See you next time~
About Unknown
Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.